Unsur-unsur tata letak dan macam-macam Desain Grafis

Gambar terkait

DESAIN GRAFIS
    Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Unsur-unsur desain grafis

      Unsur-unsur tersebut di antaranya, garis (line), ilustrasi (ilustration), tipografi (typografi), warna (color), gelap terang (value), tekstur (texture), dan ruang.

Hirarki visual merupakan salah satu prinsip terpenting yang ada dibalik setiap desain website. Hal ini bertujuan agar desain website kamu selaras dengan konten yang akan dimuat. Prinsip hirarki visual dalam desain website harus benar-benar diikuti oleh para desainer grafis, sebab prinsip ini mengatur elemen-elemen mengikuti perhatian yang berhubungan secara langsung dengan titik fokus.

Pengertian Garis : 
       Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya.
Hasil gambar untuk Garis
Fungsi Garis :
       Memperjelas dan mempermudah pembaca, dan bisa juga dijadikan fantasi visual agar orang yang melihatnya dapat terkesan.

Jenis-Jenis Garis:
Horizontal 
: Memberi sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
Vertikal 
: Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
Diagional 
: Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
Lengkung S 
: Grace, keanggunan.
Zig-zag 
: Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
Bending up right 
: Sedih, lesu atau kedukaan.
Diminishing Perspective 
: Adanya jarak, kejauhan, kerinduan dan sebagainya.
Concentric Arcs 
: Perluasan, gerakan mengembang, kegembiraan dsb.
Pyramide
: Stabil, megah, kuat atau kekuatan yang masif.
Conflicting Diagonal 
: Peperangan, konflik, kebencian dan kebingungan.
Spiral 
: Kelahiran atau generative forces.
Rhytmic horizontals 
: Malas, ketenangan yang menyenangkan.
Upward Swirls 
: Semangat menyala, berkobar-kobar, hasrat yang tumbuh.
Upward Spray 
: Pertumbuhan, spontanitas, idealisme.
Inverted Perspective 
: Keluasan tak terbatas, kebebasan mutlak, pelebaran tak terhalang.
Water Fall 
: Air terjun, penurunan yang berirama, gaya berat.
Rounded Archs 
: Lengkung bulat mengesankan kekokohan.
Rhytmic Curves 
: Lemah gemulai, keriangan.
Gothic Archs 
: Kepercayaan dan religius.
Radiation Lines 
: Pemusatan, peletupan atau letusan.

Jenis Jenis Bidang Desain Grafis:

1. Desain grafis identitas visual
Sistem identitas visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk.
2. Desain Antar Muka (User Interface)
Desain Antar Muka (UI) adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse.
3. Desain grafis pemasaran & periklanan
Suatu perusahaan dengan suatu produk agar dikenal oleh masyarakat bergantung pada upaya pemasaran dan periklanan. Pemasaran dan periklanan bertujuan untuk membujuk setiap masyarakat mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.
4. Publikasi
Publikasi adalah bagian dalam industri desain grafis yang berkomunikasi dengan masyarakat melalui distribusi publik. Mereka sering disebut sebagai industri media cetak.
5. Motion Grafis
Secara sederhana, motion grafis adalah percabangan dari seni desain grafis yang merupakan penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi bergerak.
6. Grafis Lingkungan
Grafis lingkungan secara visual menghubungkan orang ke tempat-tempat untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan menciptakan suatu tempat yang lebih mudah diingat, menarik, informatif atau lebih mudah dinavigasi.
7. Seni dan ilustrasi untuk desain grafis
Seni grafis dan ilustrasi sering terlihat sama dengan desain grafis, namun masing-masing sangat berbeda. Desainer menciptakan komposisi untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli.
Pengertian Ilustrasi:


  Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi merupakan seni membuat gambar yang berfungsi memperjelas dan menerangkan naskah.



 Ilustrasi dipergunakan untuk memperjelas pesan. Ilustrasi dapat membantu retensi. yaitu memudahkan pembaca untuk mengingat konsep atau gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi.


Apa itu Legibility ?

 Legibility merupakan kualitas pada huruf yang membuat huruf tersebut dapat terbaca. Dalam suatu karya desain, dapat terjadi cropping, overlapping, dan lain sebagainya , yang dapat menyebabkan berkurangnya legibilitas daripada suatu huruf. Untuk menghindari hal ini, maka seorang desainer harus mengenal dan mengerti karakter daripada bentuk suatu huruf dengan baik. 

Apa itu Readability ?

 Readability adalah penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungannya dengan huruf yang lain sehingga terlihat jelas. Dalam menggabungkan huruf dan huruf baik untuk membentuk suatu kata, kalimat atau tidak harus memperhatikan hubungan antara huruf yang satu dengan yang lain.

Apa itu Tipografi ?

 Seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Hasil gambar untuk tipografi desain grafis


Komentar

Postingan Populer