BAB 1 MATEMATIKA KELAS 10 KURTiLAS
BAB 1:
Peta Konsep:
1. Menemukan Konsep Eksponen
Pada subbab ini, konsep eksponen ditemukan dengan mengamati beberapa
masalah nyata berikut dan mencermati beberapa alternatif penyelesaiannya. Tentu
saja, kamu diminta untuk melakukan pemodelan matematika yang melibatkan
eksponen. Dari beberapa model matematika yang diperoleh dari langkah-langkah
penyelesaian masalah, kamu secara individu menuliskan ciri-ciri eksponen dan
mendiskusikan hasilnya dengan temanmu. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, kamu
menuliskan konsep eksponen dengan pemahamanmu sendiri.
2. Sifat sifat Eksponen
3. Buktinya
1.
Bukti :
Bukti :
2.
Bukti:
Bukti:
3.
Bukti:
Bukti:
4.
Bukti :
Bukti :
5.
Bukti:
Bukti:
6. , untuk
Bukti :
Bukti :
7. , untuk
Bukti:
Bukti:
8.
Bukti:
D. Latihan Soal dan Pembahasan
1. Bentuk sederhana dari adalah …. (UN 2011)
a.
b.
b.
c.
d.
e.
Selesaian :
2. Jika dan , nilai dari sama dengan … (SM UNPAD 2007)
a.
b.
c.
d.
e.
Selesaian :
a.
b.
c.
d.
e.
Selesaian :
3. Jika , , dan , maka =⋯ (SPMB 2006)
a.
b.
a.
b.
c.
d.
e.
Selesaian:
d.
e.
Selesaian:
4. Untuk setiap anggota bilangan real didefinisikan , maka sama dengan … (SIMAK UI 2011)
a.
b.
c.
d.
e.
Selesaian :
a.
b.
c.
d.
e.
Selesaian :
3.Bentuk Akar
1. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar.
- Misalkan a, b, dan c adalah bilangan real, dengan c ≠ 0, maka, berlaku :
- –
- Contoh :
–
Contoh :
Contoh :
2. Operasi Perkalian dan Pembagian Bentuk Akar.
- Misalkan a, b, p, q, m, dan n adalah bilangan real, maka berlaku sifat-sifat berikut :
- –
- Contoh :
Komentar
Posting Komentar